Membuka Tabungan Berjangka BCA



Hello! Maaf udah lama ga posting karena sibuk kerja. Hehehe. Anyway, kali ini gue mau nulis soal pengalaman pertama kali buka tabungan berjangka BCA. Jadi, pertama-tama gue mau menjelaskan singkat dengan bahasa gue sendiri apa itu Tabungan Berjangka BCA.

Adalah tabungan yang dikhususkan untuk manusia-manusia yang sulit menabung kayak gue. Hahaha. Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat tabungan ini adalah siapkan KTP asli, NPWP kalau ada, dan waktu untuk mengisi data diri. Tabungan ini bisa dibuka oleh siapa pun minimal usia 17 tahun sampai maksimal 65 tahun dan di cabang BCA mana pun ya.

Gue sendiri membuka tabungan ini pada 15 Januari 2018 di cabang BCA Plaza THB Bekasi. Jangka waktu yang gue tentukan adalah 12 bulan alias satu tahun aja karena niatnya mau coba dulu. Setiap bulannya di-autodebet sebesar Rp 1 juta. Bukan sok kaya nih, justru karena belom kaya jadi nabungnya banyak. Daripada uangnya buat dijadiin lemak di badan, mending dijadiin bunga bank.

Menabung di tabungan ini keuntungannya dapat asuransi gratis, jadi tiap bulan kita cuma setoran untuk tabungan kita sendiri. Biaya asuransi ini ga dibebankan ke nasabah. Keuntungan lainnya dapat bunga yang menurut gue lumayan. Semakin lama kalian nabungnya, semakin besar bunganya. Berhubung jangka tabungan gue cuma setahun dengan setoran rutin Rp 1 juta per bulan jadi bunga yang gue dapatkan sekitar Rp 300 ribu. Info lengkapnya silahkan tengok ke website BCA aja.

Selama menjalani kontrak ini, gue pernah gagal debet sekali yaitu di bulan November 2018. Tenang, ga ada sanksi apa-apa kok selama gagalnya di bawah tiga kali. Kalau udah tiga kali gagal, otomatis tabungannya ditutup dan uang yang udah dikumpulin akan dikembalikan ke rekening utama. Setahu gue jumlah uangnya nanti ga utuh, bakal dipotong admin. Btw, sebenarnya tabungan ini ga ada biaya adminnya selama kita nabungnya lancar sesuai kontrak yang kita buat diawal.

Selama gue menabung di tabungan ini, gue beberapa kali transfer uang diluar setoran rutin ke rekening tabungan berjangka. Dan gue suka cek saldonya dari Klik BCA, inget ceknya cuma bisa dari Klik BCA atau Internet Banking. Karena tabungan berjangka ini ga ada kartu dan buku tabungannya, cuma ada nomor rekeningnya aja.

Setoran pertama gue didebet otomatis bulan Februari 2018, berarti jatuh temponya Januari 2019. Waktu itu gue ngehnya pada tanggal 2 Januari 2019 gue udah bakal menerima semua tabungan gue selama setahun itu. Ternyata ga ada nominal tersebut masuk ke rekening utama gue. Gue tunggu sampai besoknya, tetap ga ada juga :(

Lalu gue coba nanya ke admin BCA lewat Twitter. Yang gue tanya kira-kira "kenapa uang saya belum masuk?"

Ga ada satu pun dari admin-admin itu yang bisa menjawab pertanyaan gue dengan benar. Intinya gue masih bertanya-tanya ada apa dengan tabungan gue? Apakah gue melanggar UUD perbankan jadi uang gue ditahan? Padahal totalnya cuma sekitar 14 jutaan, jauh lebih sedikit daripada aset yang dimiliki oleh koruptor. Satu-satunya saran yang mereka kasih adalah hubungi kantor cabang dimana gue bikin tabungan ini. Langsung gue hubungi saat itu juga tapi adminnya bilang kurang lebih begini "karena autodebet itu otomatis by system jadi ditunggu aja. Kami pun tidak bisa memastikan."

Lalu akhirnya gue nyerah sama admin Twitter. Gue nelpon Halo BCA dengan harapan admin Halo BCA lebih menguasai produk perusahaannya sendiri. Ternyata sama aja sama admin Twitter.

Dan gue nyerah sepenuhnya. Gue ikutin aja saran-saran mereka untuk duduk diam sambil nunggu. Gue isenglah buka Klik BCA untuk cek saldo terakhir tabungan berjangka. Kemudian gue lihat di kolom sebelah kanan ada data Buka Rekening dan data Tutup Rekening (jatuh tempo). Disitu tertera Buka Tabungan 15 Januari 2018 dan Tutup Rekening 14 Januari 2019. Oke, anggap gue kurang teliti.

Satu-satunya sikap yang gue sayangkan kepada karyawan BCA, mereka kurang menguasai produk perusahaannya sendiri. Masa informasi seperti ini aja ga ada satu pun yang bisa jawab, mendekati pun ngga. Semuanya bingung dan ga tau harus jawab apa. Sayang banget sih.

Informasi tanggal buka rekening dan tutup rekening itu kan bukan sesuatu yang private, alias orang dalam pun pasti bisa akses. Ya itu aja sih yang jadi poin minusnya. Selebihnya buka tabungan berjangka itu 100% rekomen. 

2 comments:

  1. Ciee mbaknya kemaren abis dapet duit nomplokkk

    Walopun itu aslinya duit sendiri sih, wkwkwk

    ReplyDelete
  2. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

    Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

    Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

    Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

    ReplyDelete