Countless number of visiting Bandung (never get bored)

I am not the real traveler, I just love to travel a lot… 

Heeyy… here I go again.. Pasca kembalinya gue dan pacar dari Bali kira-kira tiga bulanan, kita kembali mencoba peruntungan kita mengulik sisi lain kota wisata di Indonesia khususnya Pulau Jawa. Tujuan kita kali ini Bandung, AGAIN #phew

Gue merasa jenuh banget sama kerjaan yang selalu membuat gue bosan, dan satu-satunya cara untuk menghilangkan rasa penat itu adalah dengan JALAN-JALAN.

Gue gak suka bepergian sendiri, jadi gue ajak pacar. Masih dengan syarat yang sama, gak bisa lama-lama. Ih! BANDUNG adalah tujuan wisata paling gampang dari segi mobile, penginapan, dan kuliner pastinya. Yang menjadi daya tarik kita adalah karena gampang! Karena gue dan pacar gak terlahir dengan darah petualang yang mau ribet.

Sebelumnya, kita pernah ke Bandung bulan Februari lalu. Waktu itu momen asik bagi gue pada saat kita ke Stone Garden atas permintaan pacar. Dia hobinya parkour, pada saat dia request mau ke Stone Garden, gue pikir dia bakal atraksi parkour disana dan sempat bahas itu juga bahwa dia mau coba bikin demo parkour supaya dapat sponsor (call me for sponsorship). Dengan ancang-ancang P3K dan rompi keselamatan, akhirnya dia gak melakukan itu. Syukurlah~ *elus dada rata

Semua ini diawali dengan keteguhan hati kita untuk sabar menanti kapan bisa jalan-jalan lagi. Berhubung gue abis ulang tahun Juli kemaren, pacar minta ditraktir jajan. Hahaha, ngga deng! Pacar mengidekan untuk jalan-jalan singkat. Hmm, tapi ini bukan untuk merayakan ultah gue ya, ini cuman dijadikan alasan biar ceritanya jalanjalan kali ini ada tujuannya: untuk merayakan ultah gue yang sebenarnya bukan itu. Kita menghabiskan watu dua malam, lagi ~ yeah…!

Gue sempet rada kesel sama pacar karena menurut gue kesannya dia gak mau ngusahain banget supaya kita bisa liburan sekali-kali lebih dari DUA MALAM. Tapi, gue gak mau egois. Jadi, dua malam lagi. Karena gue pengen liburan kali ini lebih bermakna dan gak kita habiskan dengan cuma-cuma di dalam hotel, haha-hihi gak jelas, gue meniatkan diri untuk sedikit repot googling tempat-tempat yang bisa gue dan pacar datangi, yang pastinya dengan budget yang kita miliki tentunya… gak usah maksa kalo duitnya pas-pas'an* Daaaaaaaaaann~~~~~ JENG JENG!!! KITA AKAN MELAKUKAN WISATA KULINER! :’)

disini gue gak tau apakah harus senang atau sedih, mungkin keduanya. Senang karena gue bisa makan enak sepuasnya. Sedih karena lemak dari perut ke bawah bakal bertambah volumenya and I can’t do much about it :”) *sejak gue aktif kerja gue gak bisa gym lagi*

Well, balik lagi ke googling. Gue mulai kepo soal tempat-tempat makan enak, murah, dan terjangkau oleh kendaraan umum karena selama disana kita mobilenya pake angkot. Agak repot sih tapi kita emang gak punya pilihan lain ya.

Semua itu modal nekat, meski awalnya gue gak yakin kita bakal bisa bebas mobile dengan angkot plus biaya yang dikeluarkan untuk ongkosnya gak sedikit *aduh gen cina gue mulai menguat kalo udah ngomongin duit* 

Dari hasil googling gue menemukan lima tempat yang bakal kita kunjungi disana, diantaranya Warunk Abnormal, Bakso Boedjangan, SKA Dapur Laut, Dessert Mangkok Manis, dan Kedai Lingling. Dari lima pilihan diatas, percayalah kita hanya berhasil mengunjungi satu tempat… DEG~

Sejak di.launching.nya aplikasi Pokemon Go di Indonesia secara illegal, kita tahu bahwa game online ini jadi sangat (ehem, terlalu) viral, saking viralnya sampai TV berita pun menyiarkannya. Huh, seriously dude?! 

Demam Pokemon Go ini juga merasuki jiwa pacar. Duh! Benar aja, yang dia lakukan sepanjang perjalanan dari Bekasi – Bandung mencari Pokemon, dan kelihatannya dia menemukan banyak Pokemon. Ditambah sekarang dia udah ganti hp yang daya batrenya lebih banyak, jadi dia pede aja mainan sambil liat-liat Google Maps, gak takut lagi kehabisan batre dan kebakaran jenggot nyarinyari colokan. Sedangkan gue memanfaatkan momen ini untuk tidur…zzZzZzzzZ~


29th July 2016

Kita sampai di Bandung kirakira jam makan sianglah, dan langsung istirahat. Sorean dikit kita jalan aja keluar sekitaran hotel nyari apa aja yang bisa kita cemilin. Dan gue gak paham saat itu kenapa gak banyak toko yang buka, cuman abang jualan batagor. Di Bandung banyak banget yang jualan Batagor. Di satu spot bisa ada 3 sampai 5 pedagang Batagor. Hidup Batagor!!!

Gue pun memilih makan batagor di pinggir jalan, pacar makan mie ayam bakso karena kita udah lapar banget.

Tujuan kuliner pertama kita sisa hari itu adalah SKA Dapur Laut yang bukanya mulai jam 5 sore sampai 10 malam. Abis siap-siap lagi, kita cuss naik angkot ke SKA Dapur Laut (niatnya masih begitu). Untuk urusan angkot-mengangkot, gue serahkan ke pacar sepenuhnya. Disini dia cukup berbesar hati untuk repot browsing sana-sini cari kepastian yang udah gue berikan dari jauh hari, eh, maksudnya cari rute angkot supaya kita gak nyasar. Gue percaya banget deh soal ginian *wink

Apa dikata nasib kami berbeda ~ nasib kami dengan SKA Dapur Laut belum mendapat restu oleh Yang Punya Takdir. Kita gak jadi kesana karena memang angkot tujuan kesana gak lewat depan hotel.

Lantas, pacar mengayomi gue naik angkot kemana dong?! Huh!

Kedai Ling-ling, di Jl. Sukajadi nomor 157 Bandung…

Fiuh~ disinilah kita akhirnya. Bayang-bayang kerang ijo mentega dan udang saos padang sirna begitu aja *poof* Ternyata rute angkot yang tadi kita naikin itu gak menuju SKA Dapur Laut yang ada di Jl. Setiabudi…! Eh lewat deng kata pacar, gue juga rada lupa sih dia bilang begitu apa ngga.

Yang pasti saat itu udah malam dan waktunya udah gak cukup untuk muter-muter lagi, jadi kita ke Kedai Ling-ling yang seharusnya jadi destinasi kuliner buat besok. Disini gue juga lumayan seneng karena kembali pada tujuan kita ke Bandung: KULINERAN!

Gue hampir kalap dengan hampir memesan banyak makanan yang udah pasti gak bakal habis sama kita berdua, jadi solusinya kita memesan makanan yang mampu kita serap aja. Pacar mesan Nasi Katsu Kari atau Nasi Kari Katsu gitu gue rada lupa, pokoknya sepiring itu terdiri dari nasi putih, ayam katsu dan bumbu kari. Dan es lemon tea di dalam wadah yang terpisah tentunya.

Gue pesen Okonomiyaki Gurita dan Dynasty Dessert Okonomiyaki Gurita dan Dynasty Dessert 

Okonomiyaki Gurita
Dynasty Dessert

Umm, gimana ya? Gue agak susah menjelaskan rasa makanan. Kayak ditanya ‘kenapa lo sayang sama pacar lo?’ itu pertanyaan sulit dan jawabannya cumah ada di my heart *eaaaa

Intinya kedua jenis makanan yang gue pesen ini rasanya sedaaaaapp sekali. Gue gak sempet nyobain makanan pacar karena dia makannya lahap, seharusnya sih enak ya. Dan gue juga gak punya fotonya, seperti yang tadi gue bilang, pacar makannya lahap!

Setelah dari Kedai Ling-ling, kita jalan kaki keluar. Gua gak tau kita mau kemana, kalo kata pacar sekalian nyari angkot pulang sembari nurunin makanan yang tadi. Gak lama kita jalan, munculah sebuah bangunan kerlap-kerlip yang gemerlap memberikan gue déjà vu.

Hahaha… Paris Van Java yang udah bertahun-tahun silam gue kunjungi kini di depan gue lagi. Usut punya usut, pacar udah tau kalo PVJ letaknya gak jauh dari Kedai Ling-ling. Demi mengulang sejarah dulu gue pernah kemari, jadi gue dan pacar masuk ke dalam.

Dan gue baru sadar kalo konsep PVJ itu beda dari mol-mol lain di Jabodetabek. Bagus!

30th July 2016

Kita mulai melangkahkan kaki kering (akibat kurang asupan vitamin C) keluar hotel pada siang hari. Perut lapar, sinar terik matahari membuat mata gue makin menyipit, kita menuju suatu tempat yang dipinta pacar, yakni Alun-alun Bandung, pelatarannya Masjid Raya Bandung.

Alun-alun Bandung dengan latar Masjid Raya Niatnya dia mau nyari Pokemon langka -____- dan niat gue untuk nyari bakso malang dan kue ape. Soalnya dari kemaren gue hampir nggak nemu bakso malang, kalo kue ape masih ada lah meski gak setenar batagor.

Kira-kira beberapa menit kita naik angkot yang dipercaya bisa mengantar kita langsung ke alun-alun, ternyata pacar minta turun karena (menurut gue) dia kepanasan dan angkot juga jalannya lelet karena ngelewatin pasar.

Kita akhirnya jalan kaki yang dipandu oleh Google Maps. Gue gak tau dah pacar bener apa ngga ngarahinnya, gue cuman ngebuntutin dia aja sambil liat-liat ada yang jualan kue ape.

Sekilas sepanjang jalan Sudirman ini mengingatkan gue sama Kao San Road di Thailand, bedanya ini lebih sepi dan yang pasti jajanannya halal. 

Jalan Sudirman sambil makan kue ape

Seperti yang udah gue bilang di trip sebelumnya bahwa gue bukan seorang penjelajah, dan gue juga gak mau dibilang turis. Tujuan gue melakukan kegiatan ini hanya untuk have fun─ have fun yang seperti apa? 

menikmati setiap detik berharga dimana gue bisa lepas dari hingar-bingar pekerjaan kantor yang selalu bikin gue stuck gak bisa kemana-mana. Biasanya gue dan pacar sebisa mungkin menghindari urusan yang berhubungan dengan dunia profesi kita, meski nyatanya ada aja yang masih ngubungin kita soal kerjaan. Kadang dibales sih, takut penting banget gitu.

Hmm.. Kalo Penjelajah itu menurut gue seseorang yang pergi ke suatu tempat tanpa tahu tujuannya, arah perginya, apa yang mau dia lakukan, makan apa, tidur dimana, pulang gimana, dan hal-hal lain yang intinya dia gak tau apaapa. Pokoknya di pikiran dia cuman explore, explore, dan explore! And, please take a look at me! I AM TOTALLY NOT A TRAVELER, HA HA HA !

Kalo gue sedang tamasya, yang pasti gue tau tujuan gue, dan hal pertama yang gue pusingkan adalah tempat gue menginap, hal kedua yang gak kalah memusingkannya gue bakal cari tahu kira-kira gue bisa ngapain di tempat itu. Well, gue bukan traveler kan? Hahaha!

Kalo turis menurut gue adalah seseorang yang tau tujuan mereka mau ngapain pergi ke suatu tempat, keseringannya jadwal selama mereka jalan-jalan itu udah disusun rapi serapi alis gue *clingcling

Dan turis itu ribet…! Gue melihat kebanyakan orang yang pake tour guide pasti ribet deh, jalannya musti bareng-bareng, baju atau aksesorisnya musti samaan biar gampang nyarinya kalo ilang. *ehem dulunya sering jalan-jalan pake jasa tour*

Bedanya gue sama turis sebenarnya gak terlalu jauh… gue gak begitu ribet. Hmm, boleh ditanyakan langsung ke pacar aja deh. Dia yang tau percis jalan sama gue ribetnya gimana.

Oh iya, dan salah satu buktinya gue bukan turis adalah 80% catatan rencana perjalanan gue ancur, gagal, beda, lain, gak sama, aneh, gak jalan! Seperti list tempat makan yang udah gue buat, seharusnya hari ini kita berada di tempat makan, bukannya kelaparan seperti ini :’)

Intinya gue bukan traveler nor tourist.

Setelah lumayan lama jalan sana jalan sini, akhirnya gue melihat bangunan yang luas banget rame dipenuhi orang, gue langsung yakin ini pasti alun-alunnya. Siang itu matahari cukup terik tapi gue dan pacar gak takut menghitam, karena pacar kulitnya emang udah eksotis sedangkan gue gak bisa hitam ─ paling merah terus jadi belang -__- 

Alun-alun Bandung dengan latar Masjid Raya

Gak banyak yang bisa kita lakukan di alun-alun, karena terik. Kita emang gak takut menghitam tapi kita gak suka panas-panasan , yeee sama aje, coeg!

Jadi kita cuman lihat-lihat aja, memenuhi hasrat pacar untuk kemari. Dan gue tetep merengek minta makan bakso malang… Entah karena gak tahan mendengar rengekkan gue yang annoying, atau emang pacar berhati emas mau menuruti ngidam gue, kita gak lama-lama disini dan langsung cuss nyari bakso malang.

Gue agak heran ya sama trip kali ini, semua rencana yang gue buat kayaknya kurang berhasil tapi kita tetap happy sih. Contohnya seperti, seharusnya kita mobile pake angkot tapi kebanyakan gue mendapati diri gue jalan kaki untuk pindah ke jalan satu ke jalan lainnya. Lalu, seharusnya kita pergi ke tempat-tempat makan yang udah gue list jauh hari sebelumnya, tapi kita malah jajan di pinggir jalan kayak makan bakso malang di pasar. I NEVER WROTE A PLAN TO VISIT A LOCAL MARKET, AMAZING!

“Where are we? What are we doing? Is it really what we want?” pertanyaan ini yang selalu muncul di kepala gue saat gue lagi jalan menuju tempat selanjutnya. But I do not mind at all. Teriknya matahari tetep gue rasakan, pegel di kaki dan gue merasa betis gue makin mekar, wangi gue udah berubah jadi asem-asem nyebelin, tapi gue menikmati setiap kegagalan rencana trip yang seharusnya ini.

Sampai gue sempat berpikir, apakah saatnya gue menjadi seorang traveler? Tapi ngga :D

Setelah berjuang berpanas-panas ria, gue dan pacar pun melanjutkan perjalanan ke Cihampelas Walk. Nah, gue masih berharap kita bakal mengunjungi SKA Dapur Laut. Dari air mukanya pacar kayaknya mulut dia udah gatel mau nyuruh gue move on dari restoran seafood itu. nyahaha… hati gue pun udah ikhlas kalo-kalo kita gak jadi kesana lagi hari ini.

Oh iya, pacar masih memainkan Pokemon Go sedari kita keluar hotel sampai ke Ciwalk. Ini beneran! Gue pun gak tau kenapa gue masih bisa sabar hari itu. seharusnya gue marah kan ya, ladies? Ya kan? Tapi gue sabar loh! Gak ngoceh, gak ngebacot, gak ngeluh juga.

Okay… Ciwalk juga punya konsep yang mirip-mirip sama PVJ, ruang hijau sama bangunan non-eco berdiri berdampingan. Emang dasarnya bukan anak mol, kita juga hampir clueless disana mau ngapain, ditambah kita udah kenyang. Huhu. Jadi cuman bisa jalan-jalan aja lihat-lihat apa yang kelihatan, dan kita lumayan lama juga di Ciwalk.

Pacar menjanjikan malamnya kita makan enak di SKA Dapur Laut. Ya kalian udah bisa nebaklah apakah kita pergi apa ngga.

Untuk makan malam, pacar beli sate padang dan gue beli nasi ayam saos keju yang rasanya agak hambar tapi enak-enak aja lah.

NB: meski kebanyakan rencana kita gak terlaksana selama trip dua malam ini, ini semua tetep menjadi pengalaman gue yang unforgettable banget. Banyak yang kita lakuin diluar rencana dan semua itu jauh lebih asik setelah gue pikir-pikir lagi.

Misalnya kita berpatokan sama yang ada di list ini, pasti gue gak akan berfoto dengan background wall-art di Pasar Malam Sudirman, atau gue bisa makan bakso malang dan cobain kue ape yang sensasional itu. lebay yah, padahal mah bakso malang sama kue ape ada dimana-mana, gak perlu ke Bandung. Tapi itulah asiknya, gue bisa makan makanan khas Indonesia…

Tips: keluar dari aktivitas sehari-hari sekali-kali bisa membuat kita kembali fit lagi dan pikiran jernih, meningkatkan kualitas kerja, dan kualitas cara berpikir karena penat hilang dan juga semangat kembali utuh lagi *kayak jualan ya* 


Wall-art Pasar Malam Sudirman

 Udah ah, capek… see you on my next trip #salamdamai

0 comments:

Post a Comment